4 Parts Diganti, Performa F1ZR Meningkat Drastis

September 19, 2013
Kembali dengan tangan tidak kosong, kali ini kabar gembira bagi pecinta Yamaha F1ZR, motor yang berkapasitas 110cc ini merupakan sepeda motor yang cocok untuk dibikin drag race atau road race. Alasannya karena motor ini mempunyai karakter yang gesit, irit dan lincah Kawan. Meskipun bawaannya hanya 110cc, namun itu tidak menjadi kendala bagi para fizer untuk menjadikannya sebuah motor drag race atau road race dan sekaligus bisa dipakai untuk harian.

Untuk meracik sebuah motor agar dapat berlari sesuai keinginan biasanya membutuhkan budget yang cukup besar. Tapi untuk kali ini, sang mpu rupanya hanya cukup mengganti beberapa parts-nya saja, si motor sudah dapat melesat dengan cepat seperti yang diinginkan. Kita sebut saja sang mpu yang dijuluki Mr.Memet, Pemuda asal kota Kuningan Jabar ini meraciknya tidak sendirian, tapi dibantu oleh beberapa temannya yang mengerti akan sebuah mesin motor.
Modifikasi dunia Otomotif

Ok,langsung saja mas bro,, Parts yang diganti hanya pada beberapa bagian saja, yakni :
1. Piston
   Diameter sebuah piston memang sangat berpengaruh terhadap performa sang motor. Dari piston bawaan standar pabrikan, kini diganti dan di perbesar ukuran diameternya. Piston yang digunakan adalah merek NPP dengan over size 2.00 . Saya rasa ini cukup untuk dipakai sehari-hari. Karena jika lebih dari itu, blok cylinder takutnya tidak akan kuat panas karena gesekan dan akan pecah.
Perubahan pada bagian piston

2.  Karburator
   Karburator merupakan organ yang sangat penting dalam pengaturan sebah tarikan mesin, dimana karburator selain fungsinya sebagai pencampur dan pensuplai bahan bakar yang telah dicampur kedalam ruang bakar. Komponen yang terdapat didalamnya juga ikut andil pada hal ini. Yang disetting disini hanya pada Main jet, pilot jet dan main air jet. Dan sebagai penyempurna, pada setelan angin harus dengan setelan yang pas, agar laju motor tidak tersendat-sendat. Karena karburator dan komponennya yang masih standar, kini cukup ganti ukuran Main Jet dengan ukuran 110mm, Pilot Jet dengan 17,5mm dan diimbangi dengan Main Air Jet memakai ukuran 0,4mm.

3. Saluran Buang (Knalpot)
   Untuk knalpot, sebenarnya bagi 2 tak tidak perlu memakai knalpot racing, dengan menggunakan knalpot standar pabrikan juga sudah cukup tapi dengan beberapa rubahan lagi. Knalpot pakai standard F1ZR dan lurusin stinger ke silencer dengan diameter stinger 20mm.
Knalpot standar dengan sedikit perubahan

4. Gear depan dan Belakang
   Sebagai media pendukung, gear juga tentunya tak luput dari rubahan, agar cepat mendapatkan top speed, gear depan menggunakan ukuran 15" dan belakang mamakai 36". Dari yang telah dialami sih ukuran ini sangat cocok. Untuk jalan yang rata ok, jalanan menanjak juga tidak terlalu berat.
Gear belakang yang menggunakan ukuran 36"

Itu saja yang dirubah dan hasilnya cukup kencang kok untuk dipakai sehari-hari. Tapi jika dipakai untuk kontes drag atau road race, itu saja kurang cukup Kawan. Kalau penasaran sih ya sekali-sekali boleh dicoba tapi dalam ajang pengetesan saja. hehe...
Dari hasil uji coba, F1ZR Mr.Memet kini mampu melontarkan top speed tiap perpindahan giginya adalah :
- Pada gigi satu dengan kecepatan 45 Km/jam
- Gigi dua dengan kecepatan 73 Km/jam
- Gigi tiga dengan kecepatan 110 Km/jam, dan
- Gigi empat dengan kecepatan 135 Km/jam (bias lebih)

Jika Kawan mempunyai keluhan tentang motor yang digunakan sekarang, jangan segan-segan untuk menanyakannya disini. Dan jika Kawan ragu tentang ulasan diatas untuk dicoba, maka alangkah lebih baiknya dibimbing oleh sang ahlinya agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Untuk selanjutnya, untuk mengetahui harga motor bekas (scond) F1ZR bisa dilihat di http://www.pricearea.com/result/yamaha+f1zr

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »